ANALISIS PERSEPSI MUTU PELAYANAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT JALAN DI KLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DR. PIRNGADI KOTA MEDAN TAHUN 2020

DANIATI, WELLA (2020) ANALISIS PERSEPSI MUTU PELAYANAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN RAWAT JALAN DI KLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM DR. PIRNGADI KOTA MEDAN TAHUN 2020. Master thesis, INSTITUT KESEHATAN HELVETIA MEDAN.

[thumbnail of TESIS WELLA DANIATI, NIM 1602011273 (1) (1).docx] Text
TESIS WELLA DANIATI, NIM 1602011273 (1) (1).docx

Download (2MB)
[thumbnail of TESIS WELLA DANIATI, NIM 1602011273 (1) (1).pdf] Text
TESIS WELLA DANIATI, NIM 1602011273 (1) (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Pelayanan rumah sakit sebagai salah satu bidang jasa yang memegang peranan penting. Berdasarkan survei awal didapatkan bahwa pada bulan Januari-Oktober 2018 tercatat sebanyak 16.638 orang dengan rata-rata per bulan kunjungan sebanyak 1.663 orang. Hasil wawancara kepada 8 informan menyatakan bahwa keluhan dokter kurang jelasnya informasi tentang penyakit yang diderita, ruangan yang kurang nyaman, administrasi pendaftaran yang lama dan membingungkan, perawat tidak tepat waktu saat dibutuhkan pasien. Lokasi penelitian ini dilakukan di RSU. Dr. Pirngadi Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi mutu pelayanan terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat jalan.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 16.638 orang pasien dan sampel yang diambil dengan cara accidental sampling yaitu sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data yaitu data primer dan data sekunder. Analisa data yang digunakan yaitu uji regresi binary logistic.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keprofesian memiliki nilai sig-p 0,023 < 0,05, efisiensi sig-p 0,006 < 0,05, keamanan sig-p 0,025 < 0,05 dan kepuasan sig-p 0,004 < 0,05, yang artinya memiliki pengaruh terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat jalan.
Kesimpulan dalam penelitian ini ada pengaruh keprofesian, efisiensi, keamanan dan kepuasan terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat jalan. Saran bagi rumah sakit yaitu diharapkan dapat menjadi acuan agar lebih memahami pentingnya mutu pelayanan yang sesuai dengan peraturan kementerian kesehatan guna meningkatkan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien secara maksimal.

Item Type: Doktoral (Master)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, Minat Kunjung Ulang, Pasien Rawat Jalan
Subjects: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Mutu Pelayanan Kesehatan
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Pustakawan Mr. Pustaka Helvetia
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:15
Last Modified: 03 Nov 2023 07:15
URI: http://repository.helvetia.ac.id/id/eprint/5580

Actions (login required)

View Item View Item