KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MEMENGARUHI KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD SELASIH KAB. PELALAWAN RIAU

ESTY, RIEN (2023) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MEMENGARUHI KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD SELASIH KAB. PELALAWAN RIAU. Master thesis, INSTITUT KESEHATAN HELVETIA MEDAN.

[thumbnail of TESIS RIEN ESTY lux.docx] Text
TESIS RIEN ESTY lux.docx

Download (2MB)
[thumbnail of TESIS RIEN ESTY lux.pdf] Text
TESIS RIEN ESTY lux.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menurut WHO (World Health Organization), rumah sakit adalah bagian integral dari suatu organisasi sosial dan kesehatan dengan fungsi menyediakan pelayanan paripurna (komprehensif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan pencegahan penyakit (preventif) kepada masyarakat. Rumah Sakit juga merupakan pusat pelatihan bagi tenaga kesehatan dan pusat penelitian medik. . Tujuan penelitian untuk ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi teknis, efesiensi dan keselamatan pasien terhadap kepuasan keluarga pasien.
Desain penelitian menggunakan survei analitik dengan rancangan crossectional. Populasi Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Selasih Kab. Pelalawan Riau sebanyak 167 orang.
Di Ruang Rawat Inap RSUD Selasih Kab, Pelalawan Riau sebanyak 167 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Jumlah sampel yang akan di teliti adalah 118 orang. Analisa data dilakukan dengan analisis univariat, bivariat dan multivariat.
Hasil penelitian variabel kompetensi teknis diperoleh nilai p-value = 0,000, efesiensi 0,000, dan keselamatan pasien 0,000 < α 0,05, artinya ada pengaruh antara kompetensi teknis, efesiensi dan keselamatan pasien terhadap kepuasan keluarga, dari hasil analisis multivariat didapatkan variabel yang paling berpengaruh dalam penelitian ini adalah variabel kompetensi teknis dengan nilai Exp B 4.981.
Kesimpulan ada pengaruh antara kompetensi teknis, efesiensi dan keselamatan pasien sedangkan analisa multivariat menunjukkan hasil bahwa faktor yang paling dominan adalah variabel kompetensi teknis terhadap kepuasan keluarga. Disarankan kepada pihak rumah sakit agar dapat meningkatkan kompetensi teknis perawat Ruang Ruang Rawat Inap dengan cara mengadakan pelatihan dan workshop baik pelatihan internal maupun eksternal.

Item Type: Doktoral (Master)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Teknis, Efisiensi dan Keselamatan Pasien, Kepuasan Keluarga
Subjects: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kepuasan Pasien
Fakultas Kesehatan Masyarakat > Mutu Pelayanan Kesehatan
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Pustakawan Mr. Pustaka Helvetia
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:40
Last Modified: 03 Nov 2023 07:40
URI: http://repository.helvetia.ac.id/id/eprint/5582

Actions (login required)

View Item View Item