ANALISIS MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP DI KELAS III RUMAH SAKIT DUTA INDAH JAKARTA

AFRIANI, CICI (2023) ANALISIS MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP DI KELAS III RUMAH SAKIT DUTA INDAH JAKARTA. Master thesis, INSTITUT KESEHATAN HELVETIA MEDAN.

[thumbnail of TESIS CICI.docx] Text
TESIS CICI.docx

Download (5MB)
[thumbnail of TESIS CICI.pdf] Text
TESIS CICI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien adalah hasil penilaian dari pasien terhadap pelayanan kesehatan dengan membandingkan apa yang diharapkan sesuai dengan kenyataan pelayanan kesehatan yang diterima disuatu tatanan kesehatan rumah sakit. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Duta Indah Jakarta..
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah mencakup seluruh pasien yang menjalankan rawat inap di Rumah Sakit Duta Indah Jakarta periode September 2022 sampai dengan januari 2023 sebanyak 924 orang.. Jumlah sampel yang akan di teliti sesuai slovin adalah 90 orang. Analisa data dilakukan dengan analisis univariat, bivariat dan multivariat. Uji statistik yang digunakan adalah uji chi square dan regresi logistik.
Hasil penelitian uji chi square menunjukkan bahwa ada hubungan kehandalan, daya tanggap, empati dan jaminan terhadap kepuasan pelayanan kesehatan dimana nilai p- value =0,000. Dari hasil analisis multivariat didapatkan variabel yang paling berpengaruh dalam penelitian ini adalah variabel daya tanggap dengan nilai OR 44.746.
Kesimpulan ada pengaruh antara kehandalan, daya tanggap, bukti langsung, empati, jaminan terhadap kepuasan pelayanan kesehatan. Disarankan kepada pihak rumah sakit Diharapkan untuk bisa melakukan pelatihan atau workshop bagi tenaga kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang harus diperbaiki terutama daya tanggap, respon yang cepat mengatasi keluhan pasien di Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Duta Indah Jakarta

Item Type: Doktoral (Master)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Cepat Tanggap, Kehandalan, Bukti Langsung, Empati, Jaminan
Subjects: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kepuasan Pasien
Fakultas Kesehatan Masyarakat > Mutu Pelayanan Kesehatan
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Pustakawan Mr. Pustaka Helvetia
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:09
Last Modified: 03 Nov 2023 07:09
URI: http://repository.helvetia.ac.id/id/eprint/5579

Actions (login required)

View Item View Item