UJI GEL DARI LIDAH BUAYA (ALOE VERA (L)) UNTUK LUKA BAKAR PADA KELINCI

DARMA, HALAWA (2018) UJI GEL DARI LIDAH BUAYA (ALOE VERA (L)) UNTUK LUKA BAKAR PADA KELINCI. Undergraduate thesis, INSTITUT KESEHATAN HELVETIA.

[thumbnail of SKRIPSI DARMA HALAWA 1601012011.pdf] Text
SKRIPSI DARMA HALAWA 1601012011.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tanaman lidah buaya tergolong keluarga Liliaceae, mempunyai potensi yang cukup besar sebagai bahan baku obat alami. Salah satu tanaman berkhasiat untuk menyembuhkan luka bakar adalah lidah buaya (Aloe Vera L.) secara tradisional penggunaan lidah buaya sebagai obat luka bakar yaitu dengan cara dioleskan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah lidah buaya dapat dibuat dalam bentuk gel, dan untuk mengetahui apakah lidah buaya dapat menyembuhkan luka bakar pada kelinci. Populasi penelitian ini adalah kelinci sebanyak 15 ekor dengan berat yang sama, dan sampel dalam penelitian ini adalah daun lidah buaya.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian gel lidah buaya terhadap luka bakar dapat memberikan pengaruh kesembuhan terhadap luka dimana dapat terlihat dalam percobaan I dalam FI dihari yang ke 8 yang menghasilkan diameter luas luka bakar 1,4 cm.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah lidah buaya dapat di buat dalam bentuk gel, dan dalam pemberian sediaan yang terbuat dari gel lidah buaya dapat memberikan kesembuhan luka bakar yang baik, dapat dilihat dalam hasil pada FI dimana kesembuhan luka bakar pada hari ke 8 adalah 1,4cm. Saran dalam penelitian ini, diberitahukan kepada masyarakat bahwa lidah buaya dapat dibuat dalam bentuk gel dan juga dapat menyembuhkan luka bakar.

Kata Kunci : Gel Lidah Buaya, Luka Bakar pada kelinci
Daftar Pustaka : 16 Buku dan 2 Internet

Item Type: Doktoral (Undergraduate)
Subjects: Fakultas Farmasi dan Kesehatan > Farmasi
Divisions: Fakultas Farmasi dan Kesehatan > S1 Farmasi
Depositing User: Darma Halawa
Date Deposited: 07 Mar 2020 03:23
Last Modified: 07 Mar 2020 03:23
URI: http://repository.helvetia.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item