Sari, Mayang and Wani, Rahma and Andry, Muhammad (2023) Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Lhoksukon Aceh Utara Tahun 2022. Journal of Health and Medical Science, 2 (2). pp. 38-46. ISSN e-ISSN : 2810-0107
Text
24.pdf Download (256kB) |
Abstract
ABSTRACT
Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan
upaya kesehatan masyarakat tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan
upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan yang
setinggi-tingginya di wilayah kerjanya. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui tingkat kepuasan dan kualitas pelayanan kefarmasian di
Puskesmas Lhoksukon Aceh Utara. Metode penelitian ini menggunakan
metode penelitian survei deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah
seluruh pasien rawat jalan yang mendapatkan pelayanan kefarmasian di
UPTD Puskesmas Lhoksukon Aceh Utara yang memenuhi kriteria inklusi
sebanyak 6.114 pasien. Jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan
rumus Slovin sebanyak 98 orang. Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu analisis univariat dan dideskripsikan. Hasil penelitian ini
Kepuasan pasien terhadap bukti fisik (72,72%), Kepuasan pasien terhadap
kehandalan (70,68%), Kepuasan pasien terhadap ketanggapan (70,88%),
Kepuasan pasien terhadap jaminan (72,65%), dan Kepuasan pasien terhadap
kepedulian (71,15%). Dari 5 dimensi memperoleh skor rata-rata (71,61%)
yang menyatakan Indeks Kepuasan pasien di Puskesmas Lhoksukon Aceh
Utara.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas |
Subjects: | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Pustakawan Mr. Pustaka Helvetia |
Date Deposited: | 27 Oct 2023 06:52 |
Last Modified: | 27 Oct 2023 06:52 |
URI: | http://repository.helvetia.ac.id/id/eprint/5573 |
Actions (login required)
View Item |